Masuk ke Ancol gratis 25 juni 2018 dari pukul 06.00 - 18.00

Tahun ini Manajemen Ancol mendedikasikan area Pasar Seni menjadi Kampung Budaya Betawi. Hadiah yang diberikan kepada masyarakat Jakarta di Hari Ulang Tahun yang ke-491. Dan, pada tanggal (25/06/2018) mendatang dari pukul 06:00 – 18:00 masuk ke Ancol gratis.


Di Kampung Budaya Betawi pengunjung dapat berwisata edukasi budaya asli Jakarta, karena mulai dari pameran sejarah nama-nama kelurahan dan kecamatan di Ibu Kota sampai pertunjukan seni dan jajaran kulinernya dapat dinikmati disini.

Memasuki kawasan Kampung Budaya Betawi akan disambut panggung mini berbentuk rumah betawi yang diisi oleh penampilan musik betawi, selain itu juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Selasar Kampung Betawi dilengkapi dengan beragam kuliner khas betawi seperti kerak telor, dodol betawi, nasi ulam, soto betawi dan lainnya yang menggugah selera.

Ada galeri yang memamerkan sejarah nama-nama Kelurahan dan Kecamatan yang berada di penjuru Ibu Kota dikemas dalam wall of frame galeri North Art Space Pasar Seni. Ada juga toko oleh-oleh khas Jakarta.

Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, mengatakan, pihaknya ingin menambah kemeriahan HUT Jakarta ke 491 dengan menampilkan Kampung Budaya Betawi dan akses gratis selama satu hari kepada pengunjung Ancol.

Pengunjung dapat menikmati sejumlah acara di Kampung Betawi antara lain lenong betawi, gambang kromong, palang pintu betawi yang fenomenal serta sejumlah dekorasi rumah betawi serta ondel-ondel yang dapat didokumentasikan.

Rangkaian perayaan HUT Jakarta ini sudah dimulai sejak libur lebaran sampai tanggal 25 Juni yang merupakan puncak acaranya di Pasar Seni. Selain itu juga dimeriahkan dengan acara talk show sejarah Betawi pada hari ini Jum’at (22/06/2018).

Kemudian acara dilanjutkan dengan Explore Ondel-Ondel yang akan menampilkan parade yang diikuti lebih dari 100 orang, terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, Abang None menaiki delman, pengantin betawi, penari petawi dan juga pencak silat.

Di akhir parade ditutup dengan aneka lomba antar ondel-ondel seperti sepak bola ondel-ondel dan ondel-ondel memindahkan bola serta flash mob tarian betawi pada (23/06/2018) dan dilanjutkan dengan tribute Benyamin Sueb oleh grup band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage) di Pantai Lagoon Ancol. [Fatkhurrohim - Wartaevent]
Diberdayakan oleh Blogger.